Kontak 081286770099 (WhatsApp/SMS apabila telp tidak dijawab)|audioschool@artsonica.com

Audio Mastering Techniques

//Audio Mastering Techniques

AUDIO MASTERING TECHNIQUES

Menguasai Teknik dan Seni Mastering Sesuai Standar Profesional.

(Total 32 Jam)

Pilihan software : Pro Tools, Cubase, Studio One, Ableton Live, FL Studio atau Logic Pro (Pilih salah satu) !

 

Syarat Peserta :

  • Bisa menggunakan Windows atau Mac OSX seperti membuat folder baru, menjalankan software, copy file, hapus folder, meng-install software dsb.

  • Senang musik ! Siswa tidak diharuskan bisa memainkan alat musik. Walau begitu, penguasaan minimal satu instrumen musik akan sangat membantu saat belajar dan membuat karya. Kurikulum sekolah ArtSonica selalu disusun dengan asumsi bahwa siswa adalah pemula / awam di dunia ini !

Garis Besar Isi Kursus :

  • Memiliki pengetahuan dasar tentang suara dan bagaimana suara bekerja termasuk pengenalan sifat-sifat dasar suara. Juga pengetahuan dasar tentang hardware audio yang akan berguna saat produksi musik. Ini membuat siswa lebih paham saat nanti bekerja membuat musik dan merekam vokal serta instrumen musik yang pada akhirnya akan membuat karya musik siswa menjadi maksimal !

  • Mengetahui cara mengatasi masalah mixing sebelum mulai di mastering.

  • Menguasai mastering chain atau urutan proses mastering.

  • Siswa bukan sekedar mempelajari software saja tetapi diajarkan tools apa yang penting agar hasil mastering siswa terdengar profesional !

  • Menguasai pengaturan frekwensi dan pengaturan dinamika untuk keperluan mastering, yang berbeda denganpengaturan saat mixing.

  • Mengetahui cara memperlebar stereo image dan batasannya agar tetap kompatibel dengan alat playback mono !

  • Menguasai teknik pemrosesan Mid/Side dan aplikasinya untuk mastering.

  • Menguasai teknik Coloring dan Saturating dalam mastering.

  • Menguasai teknik memaksimalkan loudness pada mastering.

  • Memahami tentang finalisasi mastering dan berbagai format delivery dan bagaimana memastikan hasil mastering aman (=translate) di berbagai sistem playback !

Apabila Anda ingin mengetahui detil kurikulum setiap jam (total 32 jam) dari program ini,
silakan kontak kami via formulir di bagian bawah halaman ini atau WhatsApp 081286770099 !

Sistem Kursus dan Biayanya

Kelas PRIVATE atau Belajar Sendiri / Satu Orang (Total 32 jam) :

  • REGULAR 8 BULAN atau kursus selesai dalam 8 bulan = 32 jam dibagi 8 bulan = 4 jam/bulan = 1 jam/minggu.
    Biaya Rp 1,250,000 dibayarkan di setiap awal 4 jam kursus selama 8x / 8 bulan = Total Rp 10,000,000 dibagi dalam 8x pembayaran.

  • REGULAR 4 BULAN atau kursus selesai dalam 4 bulan = 32 jam dibagi 4 bulan = 8 jam/bulan = 2 jam/minggu.
    Biaya Rp 2,000,000 dibayarkan di setiap awal 8 jam kursus selama 4x / 4 bulan = Total Rp 8,000,000 dibagi dalam 4x pembayaran.

  • EXPRESS 2 BULAN atau kursus selesai dalam 2 bulan = 32 jam dibagi 2 bulan = 16 jam/bulan = 4 jam/minggu.
    Biaya Rp 3,750,000 dibayarkan di setiap awal 16 jam kursus selama 2x / 2 bulan = Total Rp 7,500,000 dibagi dalam 2x pembayaran.

  • SUPER EXPRESS 1 BULAN ATAU KURANG = 32 jam selesai dalam waktu singkat (biasanya untuk murid dari luar kota yang waktu sempit).
    Biaya Rp 8,000,000 di bayar di awal kursus dan bayar 1x saja.

Kelas GROUP / 2-4 Orang (Total 32 jam) :

  • REGULAR 4 BULAN atau kursus selesai dalam 4 bulan = 32 jam dibagi 4 bulan = 8 jam/bulan = 2 jam/minggu.
    Biaya Rp 1,750,000/siswa dibayarkan di setiap awal 8 jam kursus selama 4x / 4 bulan = Total Rp 7,000,000/siswa dibagi dalam 4x pembayaran.

  • EXPRESS 2 BULAN atau kursus selesai dalam 2 bulan = 32 jam dibagi 2 bulan = 16 jam/bulan = 4 jam/minggu.
    Biaya Rp 3,000,000/siswa dibayarkan di setiap awal 16 jam kursus selama 2x / 2 bulan = Total Rp 6,000,000/siswa dibagi dalam 2x pembayaran.

Biaya Lainnya

  • BIAYA PENDAFTARAN Rp 300,000/siswa dibayarkan di awal kursus.
    Untuk siswa yang ingin mengikuti kelas GROUP dan sedang menunggu kelas mulai, wajib membayar ini juga sebagai tanda keseriusan.

  • BIAYA UJIAN Rp 300,000/siswa apabila ingin mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat.
    Anda tidak perlu membayar biaya ujian apabila tidak ingin mendapatkan sertifikat. Walaupun begitu, disarankan Anda mengambil ujian untuk mendapatkan sertifikat karena di masa datang, mungkin dibutuhkan saat Anda melamar kerja atau saat bekerja dengan pihak tertentu yang mensyaratkan adanya sertifikat keahlian.

FAQ / PERTANYAAN SEPUTAR SEKOLAH ARTSONICA :

Bisa ! Semua program disusun dengan asumsi bahwa calon siswa adalah pemula. Itu sebabnya ada materi dasar-dasar audio engineering dan music production di setiap program (kecuali di program ‘Music for Media’). Intinya, semua materi kurikulum ArtSonica di rancang agar pemula secara bertahap menjadi ahli !

Bisa. Banyak siswa kami berasal dari luar kota atau luar pulau bahkan luar Indonesia yang datang khusus hanya untuk belajar. Kami menyediakan program kursus kilat yaitu SUPER EXPRESS dimana kursusnya intensif dan bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 bulan (ini dengan asumsi jadwal kelas tersedia dan guru juga tersedia). Silakan baca detilnya di INFO PROGRAM. Kami juga bisa membantu untuk informasi akomodasinya.

Bisa. Admin sekolah akan membantu mencarikan / menginfokan tempat tinggal / kos sesuai kemampuan siswa.

Bisa. Jadi penentuan hari kursus di sesuaikan dengan keinginan siswa dan ketersediaan kelas dan jadwal guru. Ini akan di atur oleh admin sekolah.

Apabila Anda mengambil program Private, Anda bisa mulai kursus setiap saat (asalkan kelas kosong tersedia dan jadwal guru memungkinkan). Sedangkan untuk kelas Group, setelah Anda membayar biaya pendaftaran, Anda masuk daftar antrian kelas yang akan mulai. Kelas dimulai apabila sudah ada minimal 2 siswa untuk kelas Group.

Biaya pendaftaran sebesar Rp 300,000 yang dibayar sebelum kursus mulai. Biaya kursus yang nilainya sesuai info di penjelasan setiap program ini INFO PROGRAM. Dan biaya ujian untuk sertifikat Rp300,000 yang dibayar setelah kursus selesai dan sebelum ujian dimulai. Apabila Anda tidak membutuhkan sertifikat, biaya ujian ini tidak ada.

Tidak. Anda cukup membayar biaya pendaftaran sekali saja, berapapun jumlah program yang Anda ambil.
Pengecualiannya adalah apabila jarak antar program kursus tsb lebih dari setahun. Untuk kasus ini, Anda diwajibkan membayar uang pendaftaran lagi.

Anda tidak perlu membayar biaya ujian apabila tidak ingin mendapatkan sertifikat. Walaupun begitu, disarankan Anda mengambil ujian untuk mendapatkan sertifikat karena di masa datang, mungkin dibutuhkan saat Anda melamar kerja atau saat bekerja dengan pihak tertentu yang mensyaratkan adanya sertifikat keahlian.

Iya betul. Seringkali siswa kesulitan saat praktek di rumah karena ada masalah di komputer sendiri sedangkan saat di komputer sekolah masalah tsb tidak ada (karena sudah di setup dengan benar). Dengan membawa sendiri laptop Anda, maka Anda menggunakan komputer yang sama untuk kursus maupun untuk latihan di rumah sehingga memaksimalkan proses belajar.
Juga karena laptop adalah hal yang personal sehingga seting Anda akan berbeda dengan seting orang lain.

Minimal prosesornya adalah i3, dengan RAM 4GB, Hardisk 250GB. Apabila dana memungkinkan, belilah laptop dengan spesifikasi i5 atau i7, RAM 8GB (atau lebih), Hardisk 500GB (atau lebih). Juga belilah merek-merek kelas menengah seperti Asus, Sony, HP, Lenovo, Acer, Samsung atau Apple karena kualitasnya biasanya lebih baik.
Sedapat mungkin Anda berusaha membuat musik yang bagus dengan penggunaan plugin / software yang seminim mungkin karena spesifikasi komputer canggih sekalipun tidak akan bisa mengantisipasi keinginan user yang serakah dengan plugin / software 😀

Tidak. Program tersebut tidak termasuk materi mixing atau mastering karena disusun dengan materi yang lebih dalam tentang teknik recording dan editing, yaitu sebelum proses mixing & mastering. Untuk mixing atau mastering bisa mengikuti program AUDIO MIXING TECHNIQUES atau AUDIO MASTERING TECHNIQUES.

Tidak diharuskan untuk program AUDIO MIXING TECHNIQUES atau AUDIO MASTERING TECHNIQUES. Karena kurikulum di AUDIO MIXING TECHNIQUES atau AUDIO MASTERING TECHNIQUES berasumsi pesertanya belajar dari nol / dasar juga. Tapi tentunya kalau ikut dahulu program HOME STUDIO PRODUCTION atau PRO STUDIO PRODUCTION hasilnya akan lebih lengkap ilmunya.
Untuk program MUSIC FOR MEDIA, calon siswa HARUS mengikuti program HOME STUDIO PRODUCTION terlebih dahulu karena program MUSIC FOR MEDIA adalah program lanjutan dan membutuhkan skill tertentu.

KONTAK SEKOLAH ARTSONICA :

Apabila ada pertanyaan Anda yang tidak terjawab dengan website ini, silakan kontak kami via form berikut ini :